Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional X (part 2)

Senin, 11 Juli 2011 22:10 Diposting oleh Sania Rifa Zaharadina
Senin (4 Juli 2011)
Hari ini adalah diadakan pembukaan PIRN X. Pembukaannya diadakan di pendopo atau rumah dinas bupati Jombang. Jadi, dari SMA 3 kami jalan ke sana. Gak jauh-jauh amat sih, paling kami cuma jalan 10 menit terus nyampe. Pas di sana kami disuruh absen terus dibagiin snack. Peserta duduk menunggu acara dimulai. Sambil menunggu beberapa peserta murid ataupun guru menyumbangkan suaranya. Jadi, serasa kondangan kalo yang nyanyi guru dan lagu lagunya ya lagu buat kondangan. haha


Penampilan tari sebagai penyambutan

Akhirnya setelah menunggu sekitar 1 jam mungkin, acara dimulai. Kayak biasa pasti ada sambutan -__- Sambutan dari ketua panitia, ketua lipi trs dari bupati Jombang sendiri. Kami disuruh lepas name tag dulu, terus nanti dipakai abis ada pemberian simbolis dari bupati Jombang ke perwakilan siswa dan guru. Siswa cowoknya diambil dari aceh, siswa ceweknya diambil dari papua dan gurunya sendiri adalah guru dari Jombang :) Abis doa, acara selesai. Peserta disuruh kembali ke SMA 3. Nah, di sini aku nyesel, kenapa aku gak ngambil foto di depan panggung yang ada spanduk tulisan "Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke-X tahun 2011 di Jombang" Aku sama widi langsung pulang aja -___- Ya udah deh, terlanjur
Acaranya selesai jam 11 dan kami kembali ke SMA 3 atau di sana disebut smaga.

 Tempat diadakan PIRN X
Lapangan SMA Negeri 3 Jombang

Kami dikasih waktu bebas sampe jam 1. Oh ya, cerita soal makanannya nih ya. Makanan itu diambil di ruang sekretariat. Setiap kamar atau ruangan disuruh ngambil makanan ke sana. Eh, tau gak, aku disuruh jadi seseorang yang bertanggung jawab untuk mengambil makanan di kamar S.1 -__-' Tapi, alhamdulillah kamar S.1 baik-baik semua orangnya. Jadi kami saling membantu dong ngambil makanannya ;) Kangen kamar S.1 T__T Terus kalo bilang masalah makanan, lauknya itu paling ganti-ganti antara ayam, daging. Pernah satu kali dikasih ikan, terus yang paling enak itu lauk udang.

Lauk yang paling enak menurut gue, udang tepung :9

Pukul 1, semua peserta baik yang bidang IPA, IPS, dan IPT disuruh berkumpul di ruang masing-masing. Buat mendapatkan materi dan presentasi dari instruktur bidang masing-masing. Aku bagian ipa, ngumpulnya di aula SMA 3.Nama instruktur bidang ipa yaitu Ibu Tri Muji Ermayanti atau bisa dipanggil Ibu Erma. Materi kami selesai dijelasin sampe pukul 4. Terus kami disuruh istirahat, solat, mandi, makan, dll.

Pukul berapa yaa. Kalo gak salah abis solat isya atau solat maghrib, kami, bidang ipa dibentuk kelompok, Aku jadi bagian dari kelompok 6 :) Terus pilih tempat buat melakukan penelitian. Sebenernya kami mau di Perkebunan Wonosalam, tetapi ternyata udah diambil sama yang lain sehingga kami pergi ke P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya)

Selasa-Rabu-Kamis (5,6,7 Juli 2011)
Tiga hari ini adalah proses penelitian dan karya tulis. Hari Selasa, kelompok kami pergi ke P4S dan melakukan penelitian di sana. Hari Rabu dan kamis, seharian kumpul terus buat karya tulisnya.

Diskusi kelompok 6 di P4S :)

Hari Rabu ada dialog interaktif dengan narasumbernya yaitu Emha Ainun Nadjib atau dipanggil Cak Nun. Cak Nun bilang bahwa motivasi itu datang dari diri sendiri bukan dari yang lain. Jadi, kita harus percaya dengan diri kita sendiri :)

Cak Nun berbicara tentang motivasi diri
Cak Nun kayak artis yg dikerubungi fansnya. Haha

Oh ya, waktu kamis sore, aku sama widi jalan-jalan keluar SMA 3. Kami makan bakso di sana dan beli makanan di supermarket ;)

Jum'at (8 Juli 2011)
Udah hari Jumat? Seneng sih karena pembuatan karya tulis yang melelahkan itu akhirnya selesai, tapi juga sedih karena berarti tinggal 2 hari lagi di Jombang. Hari ini, seluruh bidang akan mempresentasikan hasil penelitian dan karya tulisnya. Aku jadi bagian operator buat kelompok aku ;) Sebelum solat jumat, seluruh kelompok dalam setiap bidang sudah selesai mempresentasikan hasil penelitiannya. Kelopok akmi juga gak lupa buat foto bareng.

Foto kelompok 6 bareng Bu Erma

Berhubung dari penelitian, penulisan kartul sama presentasinya udah selesai, kami punya waktu bebas sampe sore. Yeee. Nah, kesempatan ini tidak aku sia-siakan. Bareng widi dan bobby, kami jalan-jalan keluar SMA 3. Nyari makanan. Akhirnya kami dapat tempat makan yang di sana menjual pizza. Kami mesen 2 pizza dan minuman. Enak banget pizzanya :9 piring pizzanya sampe gak tersisa lagi. Minumannya juga memuaskan hingga kami habiskan sampe tetes terakhir.

Tulisan PIRN di piring pizza

Habis makan, kami jalan ke tempat jualan buku. Di situ lagi ada diskon, walaupun gak diskon besar-besaran sih. Paling cuma 10% gitu. Sempet bingung juga sih mau beli apaan tapi akhirnya aku beli satu buku yang berjudul "Life is What You Make It" Sebenernya kalo ada PJP, pengen beli itu, tapi sayangnya gak ada. Terus kami pulang ke SMA 3.

1 Response to "Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional X (part 2)"

  1. Unknown Says:

    Kak itu 1 kelomook nya brpa orang?:/ disuruh bawa laptop gak? Terus kira2 bawa uang bekel brpa?=D Wakakakakak =D

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.