Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional X (Part 1)

Senin, 11 Juli 2011 21:16 Diposting oleh Sania Rifa Zaharadina
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jamaaaah oii jamaaaah.
Alhamdu........ lillah
Finally I can post something again in this blog :D

Eh, berhubung kemarin gue baru nyampe di Palembang. Gue mau cerita kemana aja sih gue? Kenapa gue sampe gak ada di Palembang selama seminggu? Pasti elo, elo dan elo pada mau tau kan? NGGAK !! Gapapa deh, yang penting gue cuma mau cerita, terserah deh mau baca atau nggak. Mulai ya ;)

Berhubungan dengan postingan sebelumnya, gue itu pergi ke Jombang, Jawa Timur. Gue pergi ke untuk mengikuti kegiatan PIRN (Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional) yang ternyata udah kesepuluh kalinya ini diadakan. Setelah mengikuti kegiatan tersebut, gue bisa jelasin alias nyalin dari buku apa itu PIRN.

PIRN itu diadakan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) . Untuk meningkatkan kualitas SDM, dibutuhkan pembinaan strategis dimulai dari pembinaan remaja. Maka, LIPI mengadakan rangkaian pembinaan generasi muda dalam kegiatan PIR. Dalam kegiatan PIR ini, para remaja langsung dibinmbing dalam pelaksaan penelitian dan diarahkan untuk menanamkan sikap dan prilaku scientific minded, scientific curiosity, dan scientific approach guna mencari alternatif pemecahan masalah yang dihadapi dalam kegiatan sehari-hari. (dikutip dari Buku Panduan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional X, bagian latar belakang, halaman 2-3) Ya, jadi PIRN itu dilakukan untuk membimbing, membina dan mengajarkan remaja melakukan penelitian.

Udah ya penjelasannya, capek jelasinnya, kalian juga males kan bacanya. Jadi langsung aja ke bagian yang udah ditunggu-tunggu. Here it is..........

Em wai   i ex pi i ar ai i en si i
read : baca aja sendiri pake abjad inggris :p
 
Minggu
Bangun tidur ku terus mandi. Tidak lupa menggosok gigi. Habis mandi kutolong ibu. Membersihkan tempat tidurku. *dua kalimat terakhir tidak benar*
Jadi, aku bangun jam 4 (atau lebih?), terus langsung mandi. Bawa koper dan mendukung tas ransel masuk ke mobil. Di mobil, aku........ tidur lagi. Zzzzzz -__-
Kalo gak salah nyampe di bandara di jam 5, terus aku langsung ke masjid buat solat subuh. Baru deh nemuin temen-temen yang ternyata baru ada widi. Kami nungguin bobby dan  mam wyd. Bobby dateng, disusul dengan mam wyd. Setelah pamitan dengan orang tua masing-masing kami masuk ke bandara dan siap terbang ke Surabaya, eh salah, ke jakarta dulu baru ke surabaya. Soalnya pesawat kami transit dulu. Di.skip aja ya cerita di perjalanannya. Gak ada yang spesial untuk diceritakan. Paling yang harus dikasih tahu pesawat kami di delay dalam perjalanan jakarta-surabaya. tapi alhamdulillah gak terlalu lama kok

Kami nyampe di bandara juanda, surabaya kira-kira pukul 12.00. Kami makan dulu di A&W dan nunggu mobil panitia PIRN yang bakal membawa kami ke Jombang. Gak sampe satu jam, beberapa mobil panitia yang berbentuk semacam mobil travel pun datang. Dalam perjalanan ke Jombang kami dikawal polisi. Hahahaha, serasa presiden. Perjalanan Surabaya-Jombang memakan waktu sekitar 2 jam. Alhasil kami tiba di SMA Negeri 3 Jombang pukul 15.00 WIB.

 Mobil penjemput ke Jombang

Di sana, kami disuruh registrasi dan mendapatkan tas, baju, buku tulis, buku panduan, topi, pin (pin punya gue udah gak tau dimana -__-) dan name tag! Kami dianter ke kamar masing-masing, yang sebenernya kamar itu adalah ruang kelas di SMA 3. Aku dapet ruangan S.1 dan Widi dapet ruangan T.3. Ruangan aku tuh gak ada kasur, sedangkan ruangan widi ada kasur yang dibentang di lantai. Yaa, aku harus tidur selama seminggu dengan alas karpet yang ada.

Ruangan atau kamar widi :)

 
 Ruangan atau kamar aku -__-
 
Setelah meletakkan barang di kamar, aku dan widi jalan-jalan di sekitar lingkungan SMA 3 itulah. Lumayan luas juga sekolahnya. Terus kami mandi. Kamar mandinya juga cukup bagus. Sistemnya itu ada 14 wc dan kamar mandi berderet dan mandilah di salah satunya. Ya iyalah, gak mungkin mandi di semua kamarnya.



  Shoutout for kamar mandinyaa

Malemnya, abis solat isya, kami semua, peserta maupun guru, disuruh berkumpul di lapangan SMA 3. Katanya mau ada ice breaking (apaan sih ice breaking?). Ternyata di sana semacam pengenalan gitu. Kami dikasih tahu kayakmana cara main "1-20" Yang menang yang bisa nyebut 20. *Untuk keterangan lebih lanjut tanya langsung aja deh ya.

Info plus plus :
Malem itu kami diajarin yel-yel PIRN. Kalo ada yang bilang PE-I-ER-EN ! Kami langsung tepuk :
Prok prok prok huu (waktu bilang 'huu' tangan kanan menggenggam ke atas) , prok prok prok haa (tangan kiri menggenggam ke atas), prok prok prok huu haa (tangan kanan menggenggam ke atas disusul tangan kiri menggenggam ke atas juga) prok prok prok haaaa (tangan kanan kiri ke atas, membuka kayak waktu main cilub-ba) Haha, geje yaa? Gak juga kok tapi. Ayo cobain deh.
PE-I-ER-EN !

gambar diperankan oleh model

Kalo ditanya "siapa kita?" Dijawab "PIRN sepuluh"
Kalo dibilang "PIRN sepuluh", dijawab "yes, jombang!"
Kalo ditanya "Apa kabar?" dijawab "Tetap Semangat!"
Terus ada juga yang dijawab enak tenaaan.
Hahahahaha, geje tapi lucu ;)

Selesai jam 10 malam dan kami tidur di kamar masing-masing.

continue to next part..............

0 Response to "Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional X (Part 1)"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.