Alasan Belajar?

Minggu, 04 September 2011 21:07 Diposting oleh Sania Rifa Zaharadina
"Ketika saya tidak mempunyai persoalan khusus yang harus dipecahkan oleh pikiran saya, saya sering mengumpulkan dan menyusun kembali bukti-bukti dan teorema matematika dan fisika yang telah lama saya kenal. Tidak ada maksud dan tujuan lain; itu semata hanyalah kesempatan bagi saya untuk terus memenuhi kesenangan dan kebutuhan berpikir." -- Albert Einstein

Oke, udah baca kalimat di atas?
Jadi kalimat itu gue temuin di buku cetak fisika gue.Tepatnya di cover belakang. Rencananya gue mau ngerjain PR *alhamdulillah, virus rajin lgi datang* Dan, kenyataannya saudara-saudara, gak ada satu soal pun yang berhasil gue kerjain #gubrak HAHA. Mau gimana lagi gue udah buka tuh buku tapi pas baca soalnya gue gak bisa Emang ya derita banget kalo gak ada kemampuan otak kayak albert einstein #eh

Alhasil, bukunya gue tinggalin dan gue pindah duduk di depan laptop. Dan gak tau gimana ceritanya, buku fisika itu tiba-tiba ada di samping gue. Nah lo? Kayaknya gue emang disuruh tobat ya -__- Beneran, bukan gue kok yang mindahin. Gue gak tau kenapa, tiba2 bukunya udah ada disitu. Atau emang mungkin bukunya gue tinggalin di situ kali ya? Gak tau deh. Pendek cerita, kepala gue noleh ke kiri, ceritanya mau liat TV yang lagi nyiarin pertandingan Indonesia All star vs AC Milan yang buat miris nontonnya. Gak tau kenapa gue juga ngeliat buku itu. Dan gue baca tulisan itu. Iya, tulisan yang gue ketik di atas. Kalimatnya si tuan Albert Einstein itu saudara-saudara.

Gue baca kalimat itu. Terus yang gue pikirin setelah baca kalimat itu. Andai gue anaknya Albert Einstein, setidaknya punya kesenangan belajar seperti dirinya. "Hanyalah kesempatan bagi saya untuk terus memenuhi kesenangan dan kebutuhan berpikir" Coba kalimat itu depannya ditambahin kata 'belajar'. Tepat! Kalimat itu menjadi "Belajar hanyalah kesempatan bagi saya untuk terus memenuhi kesenangan dan kebutuhan berpikir" Sayangnya kalimat ini, bukan gue banget! Tapi, gue tetep berharap dan berdoa semoga kalimat ini suatu saat nanti bisa gue ucapin dan gue buktiin. Amin. *cieeee

Nah, dari kalimat ini gue juga jadi mikir *alhamdulillah, akhirnya gue mikir juga di liburan ini* apakah ini 'alasan belajar' yang selama ini gue cari-cari sampe gue rela mendaki gunung, lewati lembah, menyebrangi samudera, hidup di kutub utara? oke, ini lebay. Tapi beneran, waktu belajar yang susah-susah contohnya kayak logaritma, mempelajari seluk-beluk sel dan-keluarga-pelajaran-susah-lainnya gue kadang nanya "buat apa sih belajar ini susah-susah, kan gak dipake juga nanti dalam kehidupan?" Gue tau emang pemikiran gue rendah banget kok. Tapi, abis baca kalimat si tuan einstein, jawaban dari pertanyaan itu mulai mekar. Mekar seindah bunga raflesia, yang sayangnya gue pun gak tau gimana bunga raflesia mekar -__-

Jadi, apakah belajar itu buat memenuhi kesenangan dan kebutuhan berpikir?
Hmm, kalo buat memenuhi kesenangan kayaknya gue gak setuju. Kesenangan dipenuhi dengan cara belajar? Hayoo, siapa yang udah gitu, ajarin gue dong biar bisa memenuhi kesenangan dengan belajar. Tapi gak tau kalo tiba-tiba ada keajaiban yg dateng ke gue dan membuat gue senang belajar. Gue harap keajaiban itu bisa dateng sekarang. Uweee, hebat banget kalo suatu saat gue nulis hobi gue belajar mtk, fisika, kimia, biologi dan pelajaran-lainnya.
Terus buat 'kebutuhan berpikir'. Nah, kayaknya gue lebih setuju sama yang ini. Belajar itu buat memenuhi kebutuhan otak, berpikir. Jadi mempelajari logaritma, seluk-beluk sel dan-keluarga-pelajaran-susah-lainnya itu buat kebutuhan berpikir otak. *Emang gak ada tujuan lain ya? Menurut lo? 

Setidaknya, kalo sekarang gue nanya buat apa belajar? Gue dapet satu jawaban, yaitu buat kebutuhan berpikir. Walaupun gue tau jawaban ini bisa disangkal dengan kalimat "tapi kan, berpikir gak cuma didapat dari belajar" dan sangkalan-sangkalan lainnya. ya tapi biarinlah, intinya pencarian gue selama ini berbuah, yaitu :

Alasan mengapa kita belajar itu adalah buat memenuhi kebutuhan berpikir!

Belajar untuk memenuhi kebutuhan berpikir. So, can you find another reason why do we have to study? Just share it ;)

0 Response to "Alasan Belajar?"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.