Orisinilitas Karya

Sabtu, 30 April 2011 20:07 Diposting oleh Sania Rifa Zaharadina
Halo orang-orang yang membaca posting ini. Kece ya judul postingnya? Eh, nggak ya? Oh ya udah, siapa juga yang bilang kece. Udah deh, kali ini saya akan ngepost tentang... (silakan dibaca dan simpulkan posting ini tentang apa)

29 April 2011
Hmm, hari ini saya menambah isi dari kantung pengalaman saya. Jadi ceritanya hari ini Jumat ada acara penyerahan dan pembagian hadiah Road to Sea Games XXVI yang diadakan oleh koran Sindo . Kami ber-15 (9 cewek, 6 cowok) *yg sebenerny jumlahnya 17* datang ke hotel swarna dwipa. Di sana ternyata kece jok! Kami bukan duduk di kursi yang biasanya dideretin kayak acara kondangan gitu, tapi kami duduk di meja bulat *atau apalah nama meja itu* Meja yang disisinya ditarok kursi terus kami duduk di situ deh.

Katanya gubernur mau dateng eh nyatanya nggak. Jadi mungkin itu digantiin Pak Ade *kalo gak salah nama bapaknya itu deh* Pertama sambutan dari ibu *lupa namanya* pokoknya ibu itu ada hubungannya sama sindo -ya iyalah- (Maaf ya karena saya bukan pendengar dan penghapal yang baik, jadi lupa deh)  Pokoknya dia bilang seneng dan bangga karena banyak yang ikut lomba ini. Tapi sayangnya masih banyak peserta yang copas a.k.a copy paste. Jadi peserta itu cuma cari artikel di internet terus di copy dan di paste di karya tulis mereka. Itu sama aja dengan plagiat namanya.

Terus yang kedua sambutan dari bapak ketua penyelenggara lomba kartul ini. Dia juga bilang untuk jujur dalam menulis, gak boleh copas. Orisinalitas suatu karya itu sangat dihargai. Dia berkata bahwa seorang wartawan yang membuat karya dengan tidak jujur atau menjiplak karya orang lain maka ancamannya adalah dipecat! Uwooo >.< Hati-hati deh kalo gitu. Sebenarnya boleh saja mengambil kutipan karya orang lain tapi harus menyisipkan dari mana itu diambil, jangan asal copas. Kalo kebanyakan copas, sama aja dengan menumbuhkan banyaknya benih-benih plagiator *apadehkalimatgue*. Dari sini saya dapat mengambil kesimpulan bahwa kejujuran itu sangat dibutuhkan dalam segala hal. Apapun itu mari kita budayakan kejujuran, teman :D

Tidak penting karya kita itu mau bagus atau nggak. Yang penting ya kita harus jujur dalam menulis. Kalau itu memang karya kita, akui saja. Dan kalau itu bukan karya kita, akui kalau memang itu bukan karya kita. Simple kan? Jadi jauhi ya sama yang namanya copas itu. Emang enak sih yang namanya copas itu, saya akui, tapi kalo hanya gara2 copas bisa dipecat dari pekerjaan, wah amit-amit deh. 


Oh iya, ini kan acara pengumuman lomba karya tulis ya. Jadi, gak lengkap kan kalo gak dikasih tau pemenangnya. Ada delapan pemenang. Dan dari 8 kursi pemenang, 3 buah kursi berhasil diduduki oleh 3 siswa jubel. Yeee. Dela juara 1, asta juara harapan 1, widya juara harapan 4. Keren banget dah ! Selamat ya buat teman-teman yang menang. Mari terus berkarya! :D

Dan acara ini berhasil memotivasi saya untuk terus berkarya tanpa menyerah *eleeee. Rasanya kalo bisa saya pengen ikut lomba lagi, kalo bisa saat itu juga *haha, lebay deng* Tapi emang gitu sih kenyataan. Semangat saya berapi-api jok!
Pengen banget ikut lomba lagi. Selain dapat mengasah kemampuan dan menambah pengalaman - dan alhamdulillah juga kalo dapet juara, Amin- Haha.. Berjuaaang! Doakan ya teman-teman :D

Salam semangat.. Semangaat ! #geje ;)

0 Response to "Orisinilitas Karya"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.