Jujur

Sabtu, 19 Maret 2011 19:16 Diposting oleh Sania Rifa Zaharadina
Posting ini kadang pake gue, kadang pake saya *gak penting sih sebenernya, just for the info* So, start reading ...

Yee, UTS selesai !
Haha, sebenernya gak usah terlalu seneng-seneng amat sih.
Tapi, gak tau deh. Pokoknya ada rasa tersendiri kalo udah berada di hari terakhir uts. Rasanya gak ada beban hidup lagi (oke, lebay).
Pokoknya seneng karena gak perlu belajar lagi (padahal belajar itu seharusnya dilakukan setiap hari ya).

Nah, UTS kali ini, gue ngerasa beda lho.
Hmm, gimana ya jelasinnya. Pokoknya gue seneng dan bangga kalo bisa jawab soal-soal 'sendirian' dengan kemampuan sendiri. Enak banget rasanya itu. Gak ngurusin seberapa penting nilai yang bakal gue dapet tapi gue bangga kalo bisa jawab tuh soal sendirian. Kalo sebelumnya gue itu beda, gue biasa aja kalo ngelakuin hal yang namanya 'berbuat curang saat ulangan' (baca:nyontek). Dan alhamdulillah sekarang gue gak terlalu mau sama yang namanya nyontek, and I know it's better :) (gak maksud buat sok atau sombong ya).

Hmm, mungkin bakal gak enak sih kalo nilai yang didapet tu kecil, tapi sekarang gue mikirnya nilai kecil tidak mengapa selama gue ngerjain tu soal dengan jujur, dengan kemampuan gue sendiri. Udah gue bilang tadi kan, ada rasa bangga tersendiri.
Nah, sekarang yang jadi masalah itu, gue gak mau dapet nilai kecil. Haha, Ribet ya. Jadi, mksudnya gini, kalo buat diri gue sendiri gak apa, gue gak terlalu sedih nilai gue kecil asalkan itu memang hasil gue sendiri. Tapi gue mikirin masa depan gue, mikirin orang tua gue. Gimana kalo nilai yang gue dapet kecil trus itu berdampak sama masa depan gue. Berdampak sama kelulusan gue. Gue cuma gak mau mengecewakan orang tua gue dengan nilai kecil yang gue dapet. Jadi, Gimanaaa??!

*exhale*
Udahlah seharusnya gue mikir bahwa -- Jujur itu Baik, jujur itu penting, jujur itu berpahala, jujur itu perbuatan terpuji. Oke, mungkin jujur tak segalanya berdampak baik tapi melakukan suatu kejujuran itu sama saja dengan mendapatkan prestasi yang rasa bangganya hanya dirimu sendirilah yang merasakannya. 

Susah mencari orang yang jujur, karena setiap orang pernah bohong. Bener gak?

Nah, jadi jujur tuh sebenernya simple tapi kebanyakan orang susah melakukannya. Jadi kalo kamu melakukan kejujuran berarti kamu udah menang atau udah maju selangkah dari orang-orang yang tidak jujur. Kamu patut dihargai karena berani untuk jujur.

Sedangkan yang lainnya, mereka takut untuk jujur. Padahal jujur itu tidaklah jelek. Jujur tidak menghancurkan hidupmu kan? Masih banyak faktor lain yang akan menghancurkan hidup.

Jadi, saya heran, kenapa kebanyakan orang - dan saya sadari bahwa termasuk saya- takut untuk jujur? Apa yang mereka takutkan dari sebuah kejujuran? Seharusnya, tidak ada ! Tidak ada yang harus ditakutkan dengan berbuat jujur.

Jujur itu Baik. Coba dimasukin ke konsep matematika yaitu pengambilan kesimpulan dengan metode ponens.
Premis 1 : Jika kamu jujur maka kamu mendapatkan hasil yang baik.
Premis 2 : Kamu jujur.
Jadi kesimpulannya kamu mendapatkan hasil yang baik.

Dan ingat! Baik itu bukan hanya kamu mendapatkan nilai besar dan jadi juara kelas.
Baik itu banyak.  Bisa jadi dengan jujur kamu menjadi orang yang dipercaya dan mendapatkan pekerjaan yang ternyata kebanggaannya itu lebih dari dapet juara kelas.

So, guys, Let's be honest !
Mari bersama-sama kita ciptakan pribadi yang jujur!!
To be honest is your choice but the result of your honest is God's choice.

0 Response to "Jujur"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.